clubpitbullsalem.com

clubpitbullsalem.com – Misi antariksa China, Chang’e-6, telah berhasil mendarat di wilayah yang kurang dieksplorasi dari Bulan, yang dikenal sebagai sisi jauh. Berikut adalah rincian misinya di Bulan.

Menurut laporan dari Badan Antariksa Nasional Tiongkok yang dikutip oleh AFP pada hari Minggu (2/6), Chang’e-6 telah mencapai pendaratan di Cekungan Aitken Kutub Selatan. Area ini merupakan salah satu kawah tumbukan terbesar di tata surya.

Dalam beberapa hari ke depan, wahana tersebut akan fokus pada misi eksplorasi lingkungan lokal dan akan mengumpulkan sekitar 2 kilogram sampel tanah dan batuan Bulan. Bagian dari sampel ini akan diambil langsung dari permukaan, sementara bagian lainnya akan diekstraksi dari kedalaman hingga 2 meter menggunakan bor yang terpasang pada wahana Chang’e-6.

Dikutip dari Space, sampel yang dikumpulkan akan dikirim ke orbit Bulan menggunakan roket yang telah diluncurkan bersama dengan pendarat. Kontainer sampel tersebut kemudian akan bertemu dengan pengorbit Chang’e-6 dan dibawa kembali ke Bumi. Rencananya, sampel ini akan tiba di Bumi pada tanggal 25 Juni mendatang.

Selain itu, misi Chang’e-6 juga meliputi pengoperasian rover Bulan kecil yang dilengkapi dengan berbagai eksperimen ilmiah.

Setelah sampel tiba di Bumi, para ilmuwan akan mempelajari bahan-bahan tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai sejarah dan evolusi Bulan, serta mempelajari perbedaan antara sisi jauh dan sisi dekat Bulan.

Pengumpulan materi oleh Chang’e-6 juga akan dibandingkan dengan sampel yang sebelumnya telah diambil oleh Chang’e-5 dari sisi dekat Bulan, yang kembali ke Bumi pada Desember 2020. Kedua misi tersebut memiliki desain yang serupa dan menggunakan metode pengumpulan ganda: bor untuk mengambil sampel dari bawah permukaan dan lengan robot untuk mengambil spesimen dari permukaan.

Selain itu, misi ini mencakup uji coba peluncuran yang belum pernah terjadi sebelumnya dari sisi Bulan yang selalu menghadap jauh dari Bumi.

Para peneliti mengatakan bahwa sisi jauh Bulan menawarkan peluang penelitian yang berharga, terutama karena kawahnya lebih sedikit terganggu oleh aliran lava kuno dibandingkan dengan sisi dekatnya, sehingga materi yang dikumpulkan dari sisi gelap Bulan dapat memberikan wawasan tambahan tentang asal-usul Bulan.

By admin